PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM


Salah satu model pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI) yang dapat digunakan untuk mendorong peserta didik aktif dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap pembelajaran PAI adalah model pembelajaran inquiry. Pada model inquiry learning proses perencanaan pembelajaran guru PAI tidak hanya mempersiapkan sejumlah materi yang harus dihafal, tetapi merancang pembelajaran yang memungkinkan peserta didik menemukan sendiri materi yang harus dipahami melalui proses berpikir secara sistematis.

Salah satu model pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan agama islam yang dapat digunakan untuk mendorong peserta didik aktif dan meningkatkan pemahaman mereka tergadap pembelajaran PAI adalah model pembelajaran inquiry. Pada model inquiry learning proses perencanaan pembelajaran guru PAI tidak hanya mempersiapkan sejumlah materi yang harus dihafal, tetapi merancang pembelajaran yang memungkinkan peserta didik menemukan sendiri materi yang harus dipahami melalui proses berpikir secara sistematis.

Tujuan pembelajaran model ini yaitu menyiapkan peserta didik agar mampu memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan konsep-konsep yang telah mereka pelajari, sehingga memungkinkan mereka untuk berpikir dan bertindak secara ilmiah. Inquiri yang dalam bahasa inggris berarti pertanyaan, atau pemeriksaan, penyelidikan. Inquiri sebagai suatu proses umum yang dilakukan manusia untuk mencari atau memahami informasi. Model inquiry learning adalah model pembelajaran yang memberi kesempatan pada peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran melalui penyelidikan, sehingga melatih peserta didik untuk kreatif dan berpikir kritis untuk menemukan sendiri suatu pengetahuan.

Tujuan akhir dari model inquiry learning adalah peserta didik mampu menggunakan pengetahuannya untuk memecahkan permasalahan yang dihadapinya berdasarkan fakta-fakta yang ada. Langkah-langkah model inquiry learning adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan tujuan dan mempersiapkan peserta didik,
  2. Orientasi peserta didik pada masalah,
  3. Merumuskan hipotesis,
  4. Melakukan kegiatan penemuan,
  5. Mempresentasikan hasil kegiatan dan
  6. Mengevaluasi kegiatan penemuan

Ciri-ciri model Iqkuiri adalah menekankan pada aktivitas untuk mencari dan menemukan, aktivitas diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan mengembangkan kemampuan berfikir secara sistematik, logis, dan kritis. Model inquiry pastinya memiliki kelebihan dan kekuarangan.Kelebihan Metode Inquiri antara lain peserta didik didorong untuk “melakukan” bukan hanya “duduk, diam dan mendengarkan”, tema yang dipelajari tidak terbatas, bisa bersumber dari mana saja: buku pelajaran, pengalaman peserta didik/guru, internet, televisi, radio dan seterusnya, mereka belajar dengan mengarahkan seluruh potensi yang mereka miliki, mulai dari kreativitas hingga imajinasi.

Kelemahan metode inkuiri adalah sulit mengontrol kegiatan dan keberhasilan peserta didik, sulit dalam merencanakan pembelajaran, oleh karena terbentur dengan kebiasaan mereka belajar, memerlukan waktu yang panjang dalam implementasinya sehingga sering guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang telah ditentukan, selama kriteria keberhasilan belajar ditentukan oleh kemampuan peserta menguasai materi pembelajaran maka strategi ini tampaknya akan sulit di implementasikan.

Pengembangan potensi peserta didik melalui model ini dalam aktivitas pembelajarannya menekankan pada kesadaran bahwa peserta didik perlu belajar untuk mengaplikasikan pengetahuan, konsep, keterampilan. Pada pembelajaran PAI model ini dapat diterapkan pada hampir seluruh materi PAI terutama yang membutuhkan untuk penemuan sesuatu misalnya pada materi Al Quran yaitu menemukan contoh-contoh hukum bacaan sesuai materi yang diajarkan, materi fiqih misalnya penemuan tentang permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan solusinya secara fiqih, pada materi sejarah bisa menemukan kesimpulan atau suatu konsep, pada materi akhlak peserta didik dapat menemukan contoh suatu penerapan akhlak dalam kehidupan sehari-hari dan menyimpulkannya. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry learning dapat diterapkan dalam berbagai materi PAI.